Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Bab 1 : Singkat Pengertian Joomla & Sejarah Joomla

00.55 |

 Di postingan saya kali ini ingin berbagi pengalaman saya membuat sebuah program dengan CMS JOOMLA 2.5.X. yang saya ambil dari beberapa sumber buku dan pengalaman pribadi.

Selain ingin Posting pengalaman ,saya juga ingin mencoba untuk belajar menulis di postingan saya sendiri tanpa HARUS ada unsur CoPas ( Copy Paste ) ^_^...

Dalam postingan saya kali ini, Saya akan pandu secara sistematik untuk mempelajari Joomla 2.5.4 (disini saya memakai Joomla 2.5.4).

Bab 1. Apa Itu Joomla

Joomla merupakan aplikasi CMS ( Content Management Sytem ), atau perangkat lunak untuk manajement konten web.Konten yang dapat di tangani Joomla , anatar lain publikasi web,edit web,menghapus wed,dan lainnnya. Perangkat CMS semakin Populer dalam membuat website atau situs yang mudah dan cepat.Ada beberapa perangkat lunak yang ppopuler,antaranya Joomla,Wordpress,da Drupal.

Joomla.org (website Joomla) mencatat ada 2.7 persen di dunia yang dijalankan atas Joomla. Dengan kenyataan tersebut,dapat dipastikan Joomla Merupakan salah satu CMS yang populer saat ini.

1.1 Sejarah Joomla

Disini saya ingin sedikit Flashback mengenai Sejarah Joomla.
Dahulu jika  ingin membuat web,kita harus bersusah payah belajar bahasa pemograman web,seperti ASP,PHP,dan Java. Dengan adanya CMS khususnya Joomla,orang awam dapat membuat web dengan mudah dan cepat. CMS yang sejenis Joomla banyak,antara lain Mambo,PHPNuke,AuraCMS, dan masih banyak lagi. Joomla sendiri sebenarnya varia dari Mambo. Perusahaan di Australia yang bernama MIRO ( Bisa di googling di mbah google lebih jelasnya) membuat perangkat lunak Open Source CMS yang di berikan nama Mambo pada tahun 2001. Untuk versi pertama Joomla adalah versi 1.0 (diperkenalkan pada tanggal 16 September 2005).
Disini saya sendiri memakai versi terbaru Joomla Versi 2.5.4.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar