Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MEMBUAT VPN CLIENT PADA WINDOWS 7

22.18 |

Sebelum kita melakukan setting lebih lanjut dan agar kita dapat langsung mengunakan akses VPN ini maka kita pastikan dulu ada akses internet di PC atau Laptop kita. Pada contoh artikel ini, penulis mengunakan koneksi dengan Hotspot HMTI Bani Saleh
Langkah pertama : Buka menu Network and Sharing Center. Lalu pilih menu Setup a New Connection Network.
Kedua : Selanjutnya pilih menu Connect to a Network Place.
Ketiga :  Pilih menu Create a New Connection.

Keempat : Lalu pilih Use my Internet connection (VPN).
Kelima : Selanjutnya kita masukkan alamat IP Address atau Domain Name dari VPN Serverkita dan Nama koneksi VPN kita ( bebas pake nama apa saja ).

Keenam : Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan kita masukkanUsername + Password User VPN yang telah kita siapkan.
 
Ketujuh :  Perhatikan di status Network Connection kita telah muncul sebuah nama koneksi VPN yang telah kita buat tadi… Klik nama koneksi VPN tersebut lalu pilih properties.
Ketujuh : Pada menu tab General kita dapat meng-edit IP address atau nama domain dariVPN Server kita.
Kedelapan : Pada menu tab Security, kita tentukan jenis VPN kita misalnya pada contoh ini kita gunakan PPTP VPN tanpa Enkripsi.
Kesembilan : Selanjutnya pada menu tab Networking, kita cek setting pada Internet Protocol / TCP-IP. Lalu kita klik Properties dan selajutnya kita klik lagi menu Advanced.
Kesepuluh : Pada menu tab IP Settings pahami penjelasan berikut ini.
  • Jika Opsi Use default gateway on remote network kita aktifkan maka apabila Clientini sudah terkoneksi ke VPN Server maka selanjutnya Gateway yang di gunakan bukan lagi gateway dari koneksi local melainkan mengunakan Gateway yang ada pada VPN Server.
  • Jika Opsi Use default gateway on remote network kita NON-aktifkan maka apabilaClient ini sudah terkoneksi ke VPN Server maka Gateway yang di gunakan TETAPgateway dari koneksi local alias tidak mengunakan Gateway yang ada pada VPN Server. Artinya VPN hanya di gunakan sebagai jembatan untuk mengakses dan memanfaatkan resource yang ada di jaringan LAN ( misalnya : FileServer, Email Server, WebServer, Applikasi internal corporate, dll )
Kesebelas : Selanjutnya kita klik OK 3 kali untuk menyelesaikan konfigurasi ini. Lalu kita cek status network / interface kita dengan perintah ipconfig/all dari Command prompt.
Keduabelas : Lalu kita test dulu sebelum terkoneksi ke VPN Server misalnya dengan melakukan ping ke salah satu IP dari PC Client yang ada di jaringan LAN kita. ( status / hasilping masih RTO karena emang belum konek ke VPN Server ).
Ketigabelas : Selanjutnya kita Connect VPN Client kita. ( pastikan Username & Password telah kita setting dengan benar.
Keempat belas : Setelah itu koneksi VPN Client ini berhasil dan statusnya Connectedseperti gambar dibawah ini.
Kelimabelas : Selanjutnya kita test lagi setelah Client terkoneksi ke VPN Server misalnya dengan melakukan ping ke salah satu IP dari PC Client yang ada di jaringan LAN kita. Dan hasilnya ping berhasil memperoleh reply dengan baik dari satu IP dari PC Client yang ada di jaringan LAN kita.
Sampai disini setting VPN Client di Windows 7 telah selesai dan kita dapat memanfaatkan resource dari jaringan LAN lebih lanjut. Mudah sekali bukan ??? Semoga  artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan semua… Salam…

Sumber : HMTI Bansal

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar