Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mengembalikan Grub Ubuntu

02.40 |
Pake 2 OS  Ubuntu dan Windows,Sempat bingung karena Grub Ubuntu ane ilang saat ane install ulang Windows ane... tapi untungnya sekarang balik lagi Grub Ubuntu ane berkat Info dri Web hmtibansal.org.. thanks banget ^_^...

Untuk mengembalikan Grub ubuntu..bisa ikutin langkah2 di bawah ini :

1. Siapkan Ubuntu Live CD,

2. Pada BIOS Ubah setting CD-ROM menjadi boot pertamanya lalu Save.

3. Apabila setting BIOS anda benar maka booting Ubuntu Live CD akan segera berjalan.
  
Disana kita pilih Coba ubuntu tanpa melakukan perubahan di komputer anda

4. Tunggu beberapa saat maka anda sekarang sudah masuk ke Live CD Desktop.

   Klik Applications > Accessories > Terminal untuk menjalankan terminal

5. Lihat partisi komputer kita dengan mengetikan perintah seperti dibawah ini



sudo fdisk -l



6. Dari perintah diatas dapat dilihat bahwa partisi Linux saya ada pada Sda1
  
Maka kini kita mounting ke sektor sda1 dengan mengetikan perintah seperti dibawah ini



sudo mount -t ext4 /dev/sda1 /mnt/

sudo mount -t proc proc /mnt/proc/

sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/

sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/

sudo chroot /mnt /bin/bash



7. Perhatikan perintah sudo mount -t ext4 /dev/sda1 /mnt/
   apabila format sektor linux anda adalah ext4
   maka kita tidak mengetikan ext3 tetapi ext4


  
Ketikan lagi perintah



grub-install /dev/sda
grub-install /dev/sda1



Apabila tidak ada keterangan error maka grub ubuntu anda telah kembali dan booting kembali berjalan normal seperti sebelumnya.
good luck
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar